Beasiswa

Akses internet saat ini membuka kesempatan yang luas bagi seluruh orang untuk memperoleh beasiswa pendidikan dari tingkat diploma hingga strata 2. Di bawah ini merupakan sebagian kecil contoh beasiswa yang dapat kamu akses secara online. Ingat, ini hanya sebagian kecil daftar beasiswa yang kamu dapat cari dengan hanya mengetik pada internet.
Secara umum, beasiswa yang ada bisa dikategorikan sebagai beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa berprestasi dengan kemampuan yang terbatas; ada yang diberikan untuk calon pegawai perusahaan seperti Beasiswa BCA Finance; ada yang diberikan untuk mendukung calon mahasiswa berprestasi terlepas dari kemampuan ekonominya; dan ada yang dapat diperoleh dengan cara kompetisi, seperti halnya pada beasiswa OSC dan beasiswa luar negeri Mambugakuso.

Hal penting yang harus kamu ingat saat mendaftar beasiswa adalah membaca secara cermat dan teliti, mulai dari syarat hingga tanggal penutupan pendaftaran. Usahakan memenuhi semua daftar tersebut tanpa terkecuali. Namun jangan panik ketika ada persyaratan yang belum kamu penuhi. Mintalah saran pada kepala sekolah atau guru. Namun usahakan membaca dengan baik dan mencari jawabannya terlebih dahulu sendiri, sebelum kamu membombardir orang yang kamu percaya dengan pertanyaan yang sebenarnya bisa kamu temukan dengan mudah apabila kamu mau membaca.

Umumnya, persyaratan beasiswa yang harus kamu penuhi adalah:

  1. Terkait dengan identitas diri, misalnya KTP, kartu Keluarga, Kartu pelajar dan akta kelahiran
  2. Legalisir ijasah dan transkrip nilai
  3. Slip gaji orang tua (apabila kamu mendaftar untuk beasiswa yang terkait dengan kemampuan ekonomi).
  4. Scan lampiran sertifikat prestasi

Bagaimana bila nilai kamu tidak terlalu bagus di sekolah? Jangan khawatir! Coba gali kembali minat dan hobi kamu yang membuat kamu menonjol, seperti bakat olah raga yang kamu miliki. Beberapa universitas dan beasiswa dari yayasan tertentu memberikan dukungan bagi orang-orang berbakat, meski tidak dalam hal akademis. Jadi tetap semangat ya!

Berikut merupakan contoh akses beasiswa yang dapat kamu akses sebagai permulaan:

  1. Online Scholarship Competition Medcom.id (https://osc.medcom.id/)

OSC Medcome memperikan 260 beasiswa per tahunnya, dimana peraih beasiswa dapat menikmati bebas uang pangkal atau uang sumbangan pembangunan, atau bebas biaya lainnya. Pendaftaran dilakukan secara online, begitupun dengan proses seleksinya. OSC bekerja sama dengan 18 Perguruan Tinggi Unggulan di Indonesia, baik swasta maupun negeri.

  1. Beasiswa S1 Bidik Misi Kemenristekdikti (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah melalui kementerian pendidikan. Beasiswa ini diberikan untuk calon mahasiswa/i dengan potensi akademik yang baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi.  Tersedia sebanyak 80,000 kuota beasiswa setiap tahunnya. Beasiswa ini dapat diakses untuk menempuh pendidikan Diploma hingga Sarjana.

Pendaftaran dimulai mulai 15 Januari – 30 September 2018.

  1. Eka Tjipta Foundation (http://ekatjipta.org/beasiswa-etf/)

Beasiswa ETF adalah program beasiswa pendidikan dari Eka Tjipta Foundation untuk mahasiswa/i berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1.

  1. Beasiswa S1 BCA Finance (https://www.bcafinance.co.id/beasiswa)

Beasiswa ini dikhususkan bagi para calon pegawai BCA yang akan diberikan pendidikan dasar terkait perbankan dan khususnya BCA sebagai perusahaan. Mahasiswa akan diberikan pelatihan dan penempatan setelah pendidikan formalnya berakhir.

  1. Djarum Beasiswa (https://djarumbeasiswaplus.org/)

Beswan Djarum tersedia bagi seluruh calon mahasiswa/i berprestasi di Indonesia. Selain memberikan beasiswa kuliah, beswan djarum memberikan bekal pelatihan kepemimpinan, character building, community empowerment dan pengembangan soft skills lainnya.

  1. Tanoto Foundation (https://www.tanotofoundation.org/id/)

Beasiswa Tanoto Foundation dapat diakses untuk menempuh pendidikan S1 hingga S2. Beasiswa ini terbuka bagi berbagai disiplin ilmu, namun hanya terbatas pada mitra universitas Tanoto Foundation. Disamping memberikan beasiswa, Tanoto Foundation juga memberikan program pelatihan kepemimpinan dan soft skills, serta program pengabdian masyarakat.

  1. Informasi lainnya: Beasiswa Pasca Sarjana

 (https://www.beasiswapascasarjana.com/2015/10/beasiswa-s1.html)